Berikut Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memilih Jasa Arsitek

No Comments

Berikut Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memilih Jasa Arsitek. Saat ini, pembangunan infrastruktur terus berkembang dengan cepat. Hal itu tentunya dilakukan untuk menunjang kehidupan masyarakat.Tidak hanya pembangunan gedung perkantoran saja, tapi juga pembangunan lain, seperti gedung hunian, dan lain sebagainya.

Untuk bisa mendapatkan desain dan hasil yang baik, kebanyakan orang memilih jasa arsitek untuk membantu perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dari pembangunan itu sendiri. Namun, untuk memilih jasa tersebut ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.

Tarif Harga

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah harga dari jasa yang nantinya kamu pilih. Saat memilih jasa ini, harga harus disesuaikan dengan keuangan kita. Sehingga, pembangunan pun bisa berjalan dengan lancar. Biasanya, untuk melihat patokan tarif, bisa menghubungi asosiasi profesi arsitek yang ada di tempat kita.

Asosiasi Arsitek

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum memilih jasa arsitek adalah dengan melihat apakah arsitek yang nantinya dipilih tergabung dalam asosiasi arsitek atau tidak. Hal ini tentunya sangat penting dilakukan, karena arsitek yang resmi tergabung dalam asosiasi ini memiliki harga atau tarif yang sudah transparan.

Revisi Proposal

Selanjutnya adalah revisi proposal. Biasanya, sebelum memulai pembangunan, arsitek akan memberikan sebuah proposal desain. Jika dalam proposal tersebut ada yang tidak sesuai dengan keinginan kamu, maka bisa memberikan masukan untuk setidaknya diubah atau dihilangkan.

Kontrak Kerja

Kontrak kerja merupakan suatu hal yang sangat perlu untuk kamu ketahui sebelum memilih jasa arsitek. Setelah kamu setuju dengan proposal yang sudah direvisi, maka bisa langsung menyetujui kontrak kerja. Dalam kontrak kerja sendiri, biasanya berisi biaya, hak dan kewajiban masing-masih pihak serta beberapa hal lainnya. Kontrak kerja biasanya dibuat oleh arsitek.

Menghubungi Kontraktor

Selanjutnya, arsitek akan menghubungi kontraktor yang akan menangani pembangunan desain kita. Kamu bisa melihat data kontraktor terlebih dahulu. Selain dicarikan oleh arsitek, kita juga bisa mencari sendiri kontraktor. Jika mencari sendiri kontraktornya, maka kamu harus memilihnya dengan teliti. Pastikan biaya dan lihat rekam jejak proyek yang telah dikerjakan. Sehingga, pembangunan kamu pun akan menjadi lancar.

Melakukan Pengawasan

Meskipun sudah memakai jasa arsitek dan kontraktor, tapi sebaiknya kamu melakukan pengawasan terhadap pembangunan tersebut. Gunanya adalah untuk memastikan pembangunan berjalan dengan lancar. Selain itu, bisa cross check data harga material dari arsitek di lapangan, untuk meminimalisir adanya mark up harga.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum memilih jasa arsitek. Pastikan yang kamu pilih merupakan jasa yang sudah ahli pada bidangnya. Sehingga, mempunyai arsitek dan relasi kontraktor profesional.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *