Penyebab Motor Terasa Oleng

No Comments

Penyebab Motor Terasa Oleng, Berita Otomotif Paling Dicari – Kenyamanan merupakan faktor utama bagi seorang pengendara motor. Selain untuk sang pengendara itu sendiri, kenyaman berkendara juga bisa mengantisipasi kecelakaan yang bisa menyangkut orang lain. Performa yang stabil atau tidak oleng merupakan hal yang cukup berpengaruh. 

Jika Anda menggunakan motor yang oleng atau tidak stabil, bisa saja motor Anda mudah terjatuh. Namun terkadang banyak orang yang tidak menyadari penyebabnya. Bahkan ada juga yang terkesan mengabaikan penyebabnya. Anda perlu mengetahui beberapa penyebab tidak stabilnya motor di bawah ini.

Laher Roda

Laher roda atau laker merupakan penyebab utama yang sering membuat motor oleng. Indikasinya cukup mudah terlihat. Saat motor terasa oleng biasanya ada masalah pada ban motor dan baut roda. Jika diantara keduanya tidak ada masalah, sudah dipastikan ada masalah pada laher roda.

Selain itu, untuk mendeteksi kerusakan laher Anda bisa menggoyangkan roda ke kiri atau ke kanan. Arahkan pula ke arah depan dan belakang pada posisi standar ganda. Jika saat digerakkan terasa bergoyang dan mengeluarkan bunyi maka dipastikan ada masalah pada laher. Berita otomotif mengenai penyebab motor oleng terutama pada laher sangat dicari oleh para pengguna motor.

Ban

Ban yang tidak presisi sangat berpengaruh pada stabilitas motor. Anda juga bisa memeriksa kerusakan-kerusakan pada ban seperti robek atau bolong. Keadaan tersebut membuat udara pada ban tidak seimbang. Sehingga saat berputar, ban tersebut tidak akan maksimal. Sudah dipastikan motor akan berjalan dengan tidak seimbang pula.

Faktor lainyya ialah rotasi ban yang terbalik. Hal itu menyebabkan ban akan cepat aus dan saat dikendarai menjadi kurang nyaman. Anda bisa memperbaikinya kempiskan ban terlebih dahulu kemudian pasang dengan posisi yang presisi. Berita otomotif yang satu ini cukup penting agar bisa mengantisipasi kecelakaan.

Velg

Velg ternyata bisa membuat motor Anda oleng atau tidak stabil. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti sebatang besi, obeng atau benda sejenis untuk mengecek kerusakan velg. Caranya dekatkan besi atau obeng sampai hampir menyentuh velg. Kemudian gerakkan roda ke depan atau belakang.

Bila besi atau obeng tersebut menyentuh velg motor, itu berarti velg dalam keadaan sudah tidak presisi. Anda harus melakukan setel velg pada spesialis setel velg. Untuk mendapatkan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa membaca berita otomotif tentang daftar spesialis setel velg yang sesuai dengan Anda.

Itulah beberapa penyebab oleng pada motor Anda. Penggunaan yang tidak benar pun bisa mempengaruhi kerusakan pada komponen yang ada pada motor. Selain itu, kurangnya pemeliharaan juga bisa membuat motor Anda cepat rusak sehingga posisinya tidak seimbang. Anda perlu banyak membaca berita otomotif agar tahu bagaimana merawat motor yang baik dan benar agar motor tidak cepat oleng.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *